Mau Snorkeling Tapi Gak Bisa Berenang?

Postingan 1

Mungkin ini pertanyaan yang sering muncul bagi orang yang pertama kali ingin berlibur ke suatu pulau terus pengen nyobain snorkeling, TAPI tidak bisa berenang!!! Doh… Di lautan gitu loch, secara di darat aja bisanya cuman gaya batu. Trus gimana dunk nasib liburan eyke? Masak cuman ngendon di atas kapal doank sich…

Snorkeling atau sering disebut selam dangkal atau selam permukaan (skin diving), adalah kegiatan di mana kita berenang (kadang dikombinasikan dengan menyelam) di sekitaran permukaan laut dengan menggunakan peralatan yang didesain untuk memudahkan kita melihat bawah laut dan juga memudahkan pergerakan kita selama berenang. Walaupun cuman di area sekitar permukaan laut, kita dapat menikmati keindahan terumbu karang dengan hanya snorkeling tanpa harus menyelam ke dalam lautan. Dengan snorkeling pula kita masih bisa melihat ikan Nemo, ikan Dori, Butterfly Fish, Angel Fish, dan ikan laut lainnya yang hidup bebas di antara warna-warni terumbu karang. Tentu saja disesuaikan dengan kondisi terumbu karangnya, apakah masih bagus atau sudah rusak. Kalau sudah rusak, ya ndak mu’in lah bisa melihat ikan-ikan yang berwarna-warni hehehe…

Bedanya dengan menyelam (diving), kegiatan snorkeling tidak perlu memiliki sertifikat khusus. Peralatan yang digunakan pun tidak seribet peralatan menyelam, yang bahkan hanya dengan kacamata renang saja kita masih bisa snorkeling. Bagaimana kalau snorkeling tanpa menggunakan peralatan apapun juga? Bisa sih asalkan mata Anda kuat dengan air garam laut yang bikin pedih di mata itu.

Peralatan yang biasa digunakan untuk snorkeling adalah snorkel set atau snorkel gear (kacamata google/mask plus pipa snorkelnya). Peralatan tersebut memungkinkan kita dapat melihat dasar laut dalam waktu yang lama dan dapat bernafas dalam waktu yang lama pula. Sedangkan peralatan tambahan lainnya adalah fin atau flippers (sepatu sirip kaki atau sepatu katak) yang membantu kita berenang dengan cepat dan juga membantu dalam memberikan kekuatan ayunan kaki selama berenang. Pelampung juga perlu digunakan untuk Anda yang masih belum bisa berenang. Jangan khawatir tenggelam karena pelampung ini sangat kuat untuk membuat badan Anda mengapung di permukaan air laut.

Bagaimana dengan keamanannya? Snorkeling sangat aman selama Anda tetap menggunakan pelampung (khususnya buat yang tidak bisa berenang) dan kondisi ombak yang tenang. Pastikan pelampung Anda benar-benar bisa mengapung, tali pengikatnya terikat dengan kuat, dan Anda pun memasangnya dengan benar. Yang penting adalah tetap rileks, nikmati saja pemandangan bawah laut yang indah, tetap berada tidak jauh dari kapal, dan jangan panik!

Percayalah bahwasanya snorkeling itu lebih mudah daripada berenang di kolam renang. Saya saja baru bisa berenang malah setelah snorkeling, bukan sebaliknya hehehe… Hal ini disebabkan karena kandungan garam lautan membuat tubuh secara otomatis mengambang di permukaan. Setelah bisa berenang, snorkeling dengan menggunakan pelampung mungkin menjadi tidak nyaman karena pergerakan kita menjadi tidak bebas lagi. Tapi ingat… safety first, kalau masih belum yakin dengan diri-sendiri, mendingan pelampungnya tetep dipakai.

Tips snorkeling untuk pemula gimana sih? Gini lho caranya:

1. Pakai dulu pelampungnya dengan benar dengan mengikat tali secara kuat.

2. Kalau sudah yakin pelampungnya terpasang kuat, gunakan dulu sepatu katak/fin-nya.

3. Pasang snorkel set ke muka. Gigit selang snorkelnya. Pastikan hanya bisa bernafas melalui mulut, bukan melalui hidung. Untuk menghindari kacamata google nya berembun, biasanya temen-temen saya mengoleskan shampoo bayi ke bagian dalam kacamata. Soalnya kalau kacamata berembun, kita tidak bisa melihat apa-apa kecuali sesuatu yang burem.

4. Siap-siap… yak… byur…. nyemplung aja ke laut…

Selama di laut, dan snorkel setnya tidak digunakan karena Anda lagi ingin istirahat sejenak menghirup udara segar, pastikan anda melepas snorkel set-nya dengan mengalungkannya di leher bukan dinaikkan ke jidat. Hal ini untuk menghindari agar peralatan snorkel set tersebut tidak terjatuh ke dalam laut.